Strategi Pemasaran Lunch Box Jerami Gandum

 STRATEGI PEMASARAN

Sumber: https://cdn2.tstatic.net/shopping/foto/bank/images/ilustrasi-penggunaan-lunch-box-berbahan-jerami-gandum.jpg

     Haii semuanya, pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Strategi Pemasaran dari Lunch Box Jerami Gandum. Pembahasan ini mulai dari analisis SWOT, strategi STP, dan juga marketing mix dari lunch box tersebut. Nah pasti kalian sudah pada tahu kan, kalau kotak bekal yang terbuat dari bahan jerami gandum seperti ini sangat ramah lingkungan looo. Yuk masuk ke pembahasannya!

~~~~~~~~~~~~~~

APA ITU ANALISIS SWOT?

Sumber: https://cpssoft.com/wp-content/uploads/2019/05/swot.jpg

     Analisis SWOT merupakan teknik atau metode perencanaan strategi yang bertujuan untuk mengevaluasi kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), dan ancaman (threats) sebuah perusahaan dalam suatu proyek atau bisnis. Metode analisa SWOT atau analisis SWOT bertujuan untuk menggambarkan situasi dan kondisi yang sedang dihadapi dalam suatu perusahaan.

ANALISIS SWOT LUNCH BOX JERAMI GANDUM 

Kekuatan (Strength) 

  1. Bahan pembuatan produk yang mudah didapatkan 
  2. Bahan yang sangat ramah lingkungan 
  3. Tidak mudah tumpah ketika diisi makanan
  4. Lebih mudah teruraikan
  5. Banyak variasi produk 
Kelemahan (Weaknesses)

  1. Kurang bisa menahan panas pada makanan
  2. Tidak dapat diletakkan makanan yang terlalu panas
Peluang (Opportunities)
  1. Produk yang akan laku dipasaran (terutama orang yang memikirkan/ramah lingkungan) 
  2. Tinggi peminat terutama bagi anak sekolah 
Ancaman (Threats) 
  1. Produk serta desain yang mudah ditiru oleh pesaing lain 
  2. Banyaknya pesaing yang menjual produk dengan kualitas lebih baik

~~~~~~~~~~~~~~
APA ITU STP?
Sumber: https://www.jojonomic.com/wp-content/uploads/2020/12/1.-STP1.png

     STP atau Segmentation Targeting Positioning adalah salah satu pendekatan atau model yang digunakan untuk mengembangkan pesan dan strategi pemasaran yang sesuai pada segmentasi target audiens tertentu.

     Fokus utama dalam model pemasaran STP ini adalah pada pendekatan audiens, bukan produk. Model ini berfokus pada pemilihan segmen yang paling bernilai bagi bisnis pada saat merancang strategi pemasaran produk agar penyampaian pesan lebih relevan di setiap segmen audiens tersebut.

Terdapat empat jenis segmentasi pasar yang dapat kamu terapkan:

1. Segmentation
Sumber: https://cdnwpedutorenews.gramedia.net/wp-content/uploads/2022/11/09165354/1607940126_segmentasi-pasar-810x514.jpg


     Segmentation atau biasa disebut dengan segmentasi pasar adalah membagi pasar yang luas menjadi kelompok-kelompok kecil berdasarkan karakteristik tertentu. Dengan melakukan segmentasi pasar, kamu dapat lebih mudah menjalankan promosi bisnis. Untuk menerapkan segmentasi pasar membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melakukan riset mendalam. Namun, promosi yang kamu lakukan akan lebih hemat, tepat sasaran dan efektif.

Terdapat empat jenis segmentasi pasar yang dapat kamu terapkan:

  • Segmentasi Demografis
Pada segmentasi ini yang perlu kamu perhatikan adalah umur, gender etnis, status pernikahan, pekerjaan dan lain sebagainya. Fungsinya adalah agar lebih memudahkan kamu dalam menentukan calon pelanggan sebagai target pasar.
  • Segmentasi Geografis
Segmentasi pasar geografis yaitu berdasarkan negara, provinsi, kota dan tingkat populasinya. Berdasarkan segmentasi ini, kamu perlu mengetahui secara rinci tentang domisili dari target pelanggan kamu. Hal ini akan memudahkan kamu dalam mengenali budaya dan cara komunikasi calon pelanggan.
  • Segmentasi Psikografis

Segmentasi ini bertujuan agar kamu lebih mengenal siapa target pelanggan kamu secara lebih jelas, termasuk kecenderungan dan kebiasan mereka ketika melakukan kegiatan jual beli. Kamu perlu tahu kelas sosial, gaya hidup, hobi, sampai dengan ketertarikan mereka terhadap tren tertentu.

  • Segmentasi Perilaku
Pada segmentasi ini dibagi berdasarkan kebiasaan konsumen dalam membeli sebuah produk. Seperti bagaimana konsumen menggunakan produk dari tingkat loyalitasnya atau manfaatnya yang dicari.

2. Targeting
     Pada tahap ini, kamu perlu menentukan mana segmen pasar terbaik bagi bisnis yang kamu jalankan. Untuk dapat menentukannya, terdapat tiga faktor yang perlu kamu pertimbangankan, yaitu:

Sumber: https://www.marketing.co.id/wp-content/uploads/2013/04/target-market.jpg

  • Kemudahan Akses

Kamu perlu memilih pasar yang dapat dengan mudah diakses bagi kamu ataupun konsumen. Perhatikan hal-hal yang dapat menghambat akses ke pasar yang kamu jadikan tempat bisnis yang kamu jalankan.

  • Profitabilitas

Hal yang perlu kamu lakukan adalah melihat profit dari bisnis yang telah kamu jalankan. Kamu perlu pastikan bahwa segmen yang ingin kamu tuju memang menghasilkan profit yang besar.

  • Ukuran dan Potensi Pertumbuhannya
Kamu perlu mengetahui potensi pertumbuhan pasar, bagilah pasar yang cukup besar dan hindari membagi pasar yang sudah kecil. Janganlah pilih pasar yang kecil, karena akan membatasi perkembangan bisnis kamu. 

3. Positioning

Sumber: https://accurate.id/wp-content/uploads/2019/12/Strategi-Positioning-Dalam-Pemasaran.jpeg

     Positioning merupakan langkah akhir yang diterapkan dalam STP Marketing. Pada langkah ini kamu menentukan bagaimana metode yang tepat dalam memposisikan produk atau merek kamu ke dalam sasaran segmentasi yang sebelumnya sudah dibuat. 

     Pada penerapan positioning ini, kamu dapat menjelaskan ciri khas dari produk Anda ataupun slogan dari produk. 


STRATEGI STP LUNCH BOX JERAMI GANDUM

Sumber: https://cdn-2.tstatic.net/shopping/foto/bank/images/letyeah-free-mangkuk-sup-330ml-lunch-box-set.jpg

SEGMENTATION
  1. Segmentasi Demografis, produk ini cocok untuk berbagai kalangan usia terutama bagi siswa/siswi yang suka membawa bekal kesekolah ataupun orang dewasa yang membawa bekal saat kerja. Produk ini cocok untuk perempuan maupun laki-laki, kalian dapat menyesuaikan varian warnanya sendiri. Harga kotak bekal ini pun masih sangat terjangkau untuk dibeli yaitu mulai dari Rp30.000 atau menyesuaikan dengan model kotak.
  2. Segmentasi Geografis, produk ini cocok ditujukan kepada masyarakat di daerah perkotaan dan pedesaan yang tidak suka membeli makanan luar dan mementingkan kehiegenisan makanan serta suka membawa bekal sendiri. 
  3. Segmentasi Psikografis, produk ini ditargetkan kepada orang yang tidak suka membeli makanan dari luar dan mengutamakan makanan buatan sendiri atau bekal.
  4. Segmentasi Perilaku, produk ini ditargetkan kepada orang yang mementingkan kehiegenisan pada makanan yang dikonsumsinya. 
TARGETING
  1. Seluruh masyarakat 
  2. Siswa/siswi sekolah 
POSITIONING

     Lunch Box dari jerami gandum yang ramah terhadap lingkungan.


~~~~~~~~~~~~~~
APA ITU MARKETING MIX?

Sumber: http://hes.unida.gontor.ac.id/wp-content/uploads/2019/09/Marketing-Mix-Dalam-Strategi-Pemasaran-4p-Dan-7p-1024x578.jpg

     Marketing Mix adalah konsep pemasaran paling fundamental berupa seperangkat alat pemasaran terkendali yang digunakan untuk menghasilkan respons yang diinginkan di pasar yang ditargetkan. Edmund Jerome McCarthy, penulis dan profesor pemasaran, pertama-tama mengusulkan konsep 4P yang mengacu pada bauran pemasaran pada 1960. 4P di sini adalah product, priceplace of distributiondan promotionSetelah itu, para pakar pemasaran menambahkan tiga elemen lagi, yakni personprocessdan physical evidencesehingga menjadi 7P. Tujuan penambahan ini adalah mengakomodasi produk tak berwujud atau jasa yang memiliki kunci suksesnya berbeda dengan produk berwujud.

     Marketing mix adalah faktor yang sangat berpengaruh terhadap kemampuan perusahaan untuk menjual produknya secara menguntungkan. Perusahaan mempertimbangkan konsep pemasaran ini agar sesuai dengan kebutuhan dan preferensi konsumen di pasar yang ditargetkan. Bauran pemasaran antara lain membantu perusahaan untuk:
  • Memahami area mana yang harus difokuskan dalam upaya pemasaran
  • Menentukan produk apa yang dapat ditawarkan kepada konsumen serta berapa harganya, di mana, dan bagaimana menarik konsumen
  • Mengembangkan dan mengeksekusi strategi pemasaran yang efektif
  • Mengalokasikan sumber daya secara efisien dan efektif dengan menghindari biaya yang tak perlu
  • Meningkatkan kekuatan dan meminimalkan ancaman terhadap kelemahan internal
  • Mengembangkan merek.
     Berdasarkan sederet manfaat itu, bisa dikatakan tujuan marketing mix adalah memberikan keuntungan usaha lewat penerapan strategi pemasaran yang sesuai dengan target pasar. Selain itu, marketing mix bertujuan mempermudah analisis anggaran perusahaan, pengerahan sumber daya yang tepat, serta pencegahan risiko kerugian keuangan akibat strategi pemasaran yang tidak tepat.

MARKETING MIX LUNCH BOX JERAMI GANDUM

1. Product (Produk)
Sumber: https://cdn-2.tstatic.net/shopping/foto/bank/images/letyeah-free-mangkuk-sup-330ml-lunch-box-set.jpg

     Produk yang ditawarkan yaitu Lunch Box Jerami Gandum. Lunch Box Jerami Gandum ini merupakan kotak bekal yang terbuat dari jerami gandum dan sangat ramah lingkungan untuk digunakan sebagai peletak makanan. Dibandingkan dengan menggunakan kotak bekal yang terbuat dari plastik dan sulit terurai, kotak ini jauh lebih ramah lingkungan.

2. Place (Tempat)
Sumber: https://cdn.antaranews.com/cache/1200x800/2020/02/14/868479AD-45F2-46E0-99FC-1E533D59387B.jpeg

     Untuk memudahkan konsumen dalam berbelanja, produk ini dijual dan ditawarkan secara online. Produk ini dijual melalui online shop yang terdapat pada Shopee @kitchenboxid, sehingga bagi kalian yang ingin memesan dapat langsung mengunjungi website yang tersedia.

3. Price (Harga)
Sumber: https://www.price2spy.com/blog/wp-content/uploads/2021/03/price-image.png


     Lunch Box ini dijual dengan harga yang masih sangat terjangkau oleh masyarakat, mulai dari Rp30.000 kalian sudah mendapat kotak bekal yang dapat digunakan berulang-ulang kali. Dengan harga yang ditawarkan, diharapkan semua orang akan merasa produk ini worth it dan tidak merasa kemahalan.  

4. Promotion (Promosi) 
Sumber: https://www.nicepng.com/png/full/339-3395068_promotion-images-photos-promotion-png.png

    Sistem promosi yang dilakukan yaitu secara online melalui media sosial, dimana produk dipromosikan pada akun Instagram yang khusus dibuat untuk mempromosikan lunch box ini.  Dengan begitu,  produk ini dapat mendapat jangkauan yang lebih luas dan lebih dikenal oleh seluruh masyarakat. 


5. People (Orang)
Sumber: https://www.istockphoto.com/id/foto-foto/one-in-five-people


     Tentunya bagi kalian yang membeli produk ini, akan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Dikarenakan mereka selalu melayani dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada setiap pelanggan. Dengan welcome terhadap komentar dari pelanggan mulai dari komentar baik maupun kurang baik, membuat pelanggan merasa mendapatkan layanan yang lebih. 

6. Physical Evidence (Bukti Fisik)
Sumber: https://cdn2.tstatic.net/shopping/foto/bank/images/ilustrasi-penggunaan-lunch-box-berbahan-jerami-gandum.jpg

     Produk lunch box ini berbeda dari kotak bekal yang lain, dikarenakan terbuat dari jerami gandum. Dengan banyaknya variasi dan warna produk, membuat kalian dapat memilih sesuai selera sendiri. Produk dengan slogan lebih ramah lingkungan ini, membuat produk lunch box ini memiliki ciri khas sendiri dan mudah dibedakan dengan lunch box lainnya seperti lunch box ysng terbuat dari plastik.


7. Process (Proses)
Sumber: https://depositphotos.com/photos/process.html

     Dengan media jualan yang terdapat secara online, saat terdapat pemesanan dari konsumen produk ini akan dilakukan pengiriman setelah 1 hari kemudian dan estimasi akan sampai dalam waktu 1 hingga 2 minggu saja. Produk dikirim dengan pengemasan yang aman yaitu menggunakan bubble wrap tebal, sehingga kalian tidak perlu khawatir produk akan rusak diperjalanan. 


     Sekian dari blog mengenai Analisis SWOT, STP, dan juga Marketing Mix ini saya buat, jangan lupa check di @kitchenbox pada laman Shopee jika berminat pada Lunch Box Jerami Gandum ini. Jika terdapat kesalahan kata-kata maupun penulisan yang salah, saya memohon maaf sebelumnya.

Thankyouuuu^-^ 





Reverensi:

https://www.talenta.co/blog/analisis-swot/#:~:text=peran%20analisis%20SWOT.-,Apa%20itu%20Analisis%20SWOT%3F,dalam%20suatu%20proyek%20atau%20bisnis.

https://www.topkarir.com/article/detail/stp-adalah-segmentation-targeting-dan-positioning-ini-cara-menerapkannya

https://bemfe.unimus.ac.id/mengenal-segmenting-targeting-dan-positioning-stp-marketing

https://spenmo.id/blog/marketing-mix

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Pembuatan Block Block Chocolate