Strategi STP Block Block Chocolate

 Apa itu Strategi STP

Segmentation, Targeting, Positioning

     STP atau Segmentation Targeting Positioning adalah salah satu pendekatan atau model yang digunakan untuk mengembangkan pesan dan strategi pemasaran yang sesuai pada segmentasi target audiens tertentu.

Sumber: https://www.jojonomic.com/wp-content/uploads/2020/12/1.-STP1.png

     Fokus utama dalam model pemasaran STP ini adalah pada pendekatan audiens, bukan produk. Model ini berfokus pada pemilihan segmen yang paling bernilai bagi bisnis pada saat merancang strategi pemasaran produk agar penyampaian pesan lebih relevan di setiap segmen audiens tersebut.

Berikut merupakan tiga langkah dalam menerapkan STP Marketing:

1. Segmentation

Sumber: https://cdnwpedutorenews.gramedia.net/wp-content/uploads/2022/11/09165354/1607940126_segmentasi-pasar-810x514.jpg

     Segmentation atau biasa disebut dengan segmentasi pasar adalah membagi pasar yang luas menjadi kelompok-kelompok kecil berdasarkan karakteristik tertentu. Dengan melakukan segmentasi pasar, kamu dapat lebih mudah menjalankan promosi bisnis. Untuk menerapkan segmentasi pasar membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melakukan riset mendalam. Namun, promosi yang kamu lakukan akan lebih hemat, tepat sasaran dan efektif.

Terdapat empat jenis segmentasi pasar yang dapat kamu terapkan:

  • Segmentasi Demografis
Pada segmentasi ini yang perlu kamu perhatikan adalah umur, gender etnis, status pernikahan, pekerjaan dan lain sebagainya. Fungsinya adalah agar lebih memudahkan kamu dalam menentukan calon pelanggan sebagai target pasar.
  • Segmentasi Geografis
Segmentasi pasar geografis yaitu berdasarkan negara, provinsi, kota dan tingkat populasinya. Berdasarkan segmentasi ini, kamu perlu mengetahui secara rinci tentang domisili dari target pelanggan kamu. Hal ini akan memudahkan kamu dalam mengenali budaya dan cara komunikasi calon pelanggan.
  • Segmentasi Psikografis

Segmentasi ini bertujuan agar kamu lebih mengenal siapa target pelanggan kamu secara lebih jelas, termasuk kecenderungan dan kebiasan mereka ketika melakukan kegiatan jual beli. Kamu perlu tahu kelas sosial, gaya hidup, hobi, sampai dengan ketertarikan mereka terhadap tren tertentu.

  • Segmentasi Perilaku
Pada segmentasi ini dibagi berdasarkan kebiasaan konsumen dalam membeli sebuah produk. Seperti bagaimana konsumen menggunakan produk dari tingkat loyalitasnya atau manfaatnya yang dicari.

2. Targeting
     Pada tahap ini, kamu perlu menentukan mana segmen pasar terbaik bagi bisnis yang kamu jalankan. Untuk dapat menentukannya, terdapat tiga faktor yang perlu kamu pertimbangankan, yaitu:
Sumber: https://www.marketing.co.id/wp-content/uploads/2013/04/target-market.jpg
  • Kemudahan Akses

Kamu perlu memilih pasar yang dapat dengan mudah diakses bagi kamu ataupun konsumen. Perhatikan hal-hal yang dapat menghambat akses ke pasar yang kamu jadikan tempat bisnis yang kamu jalankan.

  • Profitabilitas

Hal yang perlu kamu lakukan adalah melihat profit dari bisnis yang telah kamu jalankan. Kamu perlu pastikan bahwa segmen yang ingin kamu tuju memang menghasilkan profit yang besar.

  • Ukuran dan Potensi Pertumbuhannya
Kamu perlu mengetahui potensi pertumbuhan pasar, bagilah pasar yang cukup besar dan hindari membagi pasar yang sudah kecil. Janganlah pilih pasar yang kecil, karena akan membatasi perkembangan bisnis kamu. 

3, Positioning

Sumber: https://accurate.id/wp-content/uploads/2019/12/Strategi-Positioning-Dalam-Pemasaran.jpeg

     Positioning merupakan langkah akhir yang diterapkan dalam STP Marketing. Pada langkah ini kamu menentukan bagaimana metode yang tepat dalam memposisikan produk atau merek kamu ke dalam sasaran segmentasi yang sebelumnya sudah dibuat. 

     Pada penerapan positioning ini, kamu dapat menjelaskan ciri khas dari produk Anda ataupun slogan dari produk. 


STRATEGI STP BLOCK BLOCK CHOCOLATE

SEGMENTATION

  1. Segmentasi Demografis, produk ini dapat dikonsumsi oleh berbagai kalangan terutama anak-anak yang suka terhadap makanan manis hingga dewasa sekalipun. Baik perempuan maupun laki-laki semua dapat mengonsumsinya. Harga cokelat ini masih terjangkau untuk dibeli yaitu Rp15.000 /kotak yang berisikan 9 blok cokelat.
  2. Segmentasi Geografis, produk ini lebih tertuju kepada masyarakat di daerah perkotaan sebagai bentuk makanan kekinian yang mengikuti trend.
  3. Segmentasi Psikografis, produk ini ditargetkan kepada orang yang menyukai makanan atau cemilan yang manis.
  4. Segmentasi Perilaku, produk ini ditargetkan kepada orang yang sering jajan atau tertarik terhadap makanan-makanan manis.
TARGETING
  1. Siswa atau Siswi sekolahan
  2. Anak-anak atau remaja
POSITIONING

     Cokelat kekinian dengan sensasi rasa yang enak.


DESKRIPSI PRODUK 

     Block Block Chocolate dengan perpaduan dari padatnya coklat berbentuk kotak yang manis serta taburan bubuk coklat pahit, yang pastinya bakalan naikin mood kamu nii. 
     Ga cuma buat kamu, tapi coklat ini cocok loh buat orang tersayang karena bisa dinikmati kapanpun dan dimanapun. 

     Sekian dari blog usaha kami dari kelompok 2 yaitu Block Block Chocolate, mohon maaf jika ada kesalahan penulisan dan silahkan tinggalkan pesan di komentar.

THANK YOU!



Reverensi:
https://www.topkarir.com/article/detail/stp-adalah-segmentation-targeting-dan-positioning-ini-cara-menerapkannya
https://bemfe.unimus.ac.id/mengenal-segmenting-targeting-dan-positioning-stp-marketing/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Pembuatan Block Block Chocolate