Strategi STP Block Block Chocolate
Apa itu Strategi STP
Segmentation, Targeting, Positioning
STP atau Segmentation Targeting Positioning adalah salah satu pendekatan atau model yang digunakan untuk mengembangkan pesan dan strategi pemasaran yang sesuai pada segmentasi target audiens tertentu.
Fokus utama dalam model pemasaran STP ini adalah pada pendekatan audiens, bukan produk. Model ini berfokus pada pemilihan segmen yang paling bernilai bagi bisnis pada saat merancang strategi pemasaran produk agar penyampaian pesan lebih relevan di setiap segmen audiens tersebut.
Berikut merupakan tiga langkah dalam menerapkan STP Marketing:
1. Segmentation
Segmentation atau biasa disebut dengan segmentasi pasar adalah membagi pasar yang luas menjadi kelompok-kelompok kecil berdasarkan karakteristik tertentu. Dengan melakukan segmentasi pasar, kamu dapat lebih mudah menjalankan promosi bisnis. Untuk menerapkan segmentasi pasar membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melakukan riset mendalam. Namun, promosi yang kamu lakukan akan lebih hemat, tepat sasaran dan efektif.
Terdapat empat jenis segmentasi pasar yang dapat kamu terapkan:
- Segmentasi Demografis
- Segmentasi Geografis
- Segmentasi Psikografis
Segmentasi ini bertujuan agar kamu lebih mengenal siapa target pelanggan kamu secara lebih jelas, termasuk kecenderungan dan kebiasan mereka ketika melakukan kegiatan jual beli. Kamu perlu tahu kelas sosial, gaya hidup, hobi, sampai dengan ketertarikan mereka terhadap tren tertentu.
- Segmentasi Perilaku
- Kemudahan Akses
Kamu perlu memilih pasar yang dapat dengan mudah diakses bagi kamu ataupun konsumen. Perhatikan hal-hal yang dapat menghambat akses ke pasar yang kamu jadikan tempat bisnis yang kamu jalankan.
- Profitabilitas
Hal yang perlu kamu lakukan adalah melihat profit dari bisnis yang telah kamu jalankan. Kamu perlu pastikan bahwa segmen yang ingin kamu tuju memang menghasilkan profit yang besar.
- Ukuran dan Potensi Pertumbuhannya
3, Positioning
Positioning merupakan langkah akhir yang diterapkan dalam STP Marketing. Pada langkah ini kamu menentukan bagaimana metode yang tepat dalam memposisikan produk atau merek kamu ke dalam sasaran segmentasi yang sebelumnya sudah dibuat.
Pada penerapan positioning ini, kamu dapat menjelaskan ciri khas dari produk Anda ataupun slogan dari produk.
STRATEGI STP BLOCK BLOCK CHOCOLATE
SEGMENTATION
- Segmentasi Demografis, produk ini dapat dikonsumsi oleh berbagai kalangan terutama anak-anak yang suka terhadap makanan manis hingga dewasa sekalipun. Baik perempuan maupun laki-laki semua dapat mengonsumsinya. Harga cokelat ini masih terjangkau untuk dibeli yaitu Rp15.000 /kotak yang berisikan 9 blok cokelat.
- Segmentasi Geografis, produk ini lebih tertuju kepada masyarakat di daerah perkotaan sebagai bentuk makanan kekinian yang mengikuti trend.
- Segmentasi Psikografis, produk ini ditargetkan kepada orang yang menyukai makanan atau cemilan yang manis.
- Segmentasi Perilaku, produk ini ditargetkan kepada orang yang sering jajan atau tertarik terhadap makanan-makanan manis.
- Siswa atau Siswi sekolahan
- Anak-anak atau remaja
Reverensi:
https://bemfe.unimus.ac.id/mengenal-segmenting-targeting-dan-positioning-stp-marketing/
Komentar
Posting Komentar