Marketing Mix Block Block Chocolate

 APA ITU MARKETING MIX?

     Haii semua, pada blog kali ini saya akan membahas mengenai Marketing Mix dan memaparkan apa sih Marketing Mix dari usaha kelompok kami yaitu Block Block Chocolate.

Sumber: http://hes.unida.gontor.ac.id/wp-content/uploads/2019/09/Marketing-Mix-Dalam-Strategi-Pemasaran-4p-Dan-7p-1024x578.jpg

     Marketing Mix adalah konsep pemasaran paling fundamental berupa seperangkat alat pemasaran terkendali yang digunakan untuk menghasilkan respons yang diinginkan di pasar yang ditargetkan. Edmund Jerome McCarthy, penulis dan profesor pemasaran, pertama-tama mengusulkan konsep 4P yang mengacu pada bauran pemasaran pada 1960. 4P di sini adalah product, price, place of distributiondan promotionSetelah itu, para pakar pemasaran menambahkan tiga elemen lagi, yakni person, processdan physical evidencesehingga menjadi 7P. Tujuan penambahan ini adalah mengakomodasi produk tak berwujud atau jasa yang memiliki kunci suksesnya berbeda dengan produk berwujud.

     Marketing mix adalah faktor yang sangat berpengaruh terhadap kemampuan perusahaan untuk menjual produknya secara menguntungkan. Perusahaan mempertimbangkan konsep pemasaran ini agar sesuai dengan kebutuhan dan preferensi konsumen di pasar yang ditargetkan. Bauran pemasaran antara lain membantu perusahaan untuk:
  • Memahami area mana yang harus difokuskan dalam upaya pemasaran
  • Menentukan produk apa yang dapat ditawarkan kepada konsumen serta berapa harganya, di mana, dan bagaimana menarik konsumen
  • Mengembangkan dan mengeksekusi strategi pemasaran yang efektif
  • Mengalokasikan sumber daya secara efisien dan efektif dengan menghindari biaya yang tak perlu
  • Meningkatkan kekuatan dan meminimalkan ancaman terhadap kelemahan internal
  • Mengembangkan merek.
     Berdasarkan sederet manfaat itu, bisa dikatakan tujuan marketing mix adalah memberikan keuntungan usaha lewat penerapan strategi pemasaran yang sesuai dengan target pasar. Selain itu, marketing mix bertujuan mempermudah analisis anggaran perusahaan, pengerahan sumber daya yang tepat, serta pencegahan risiko kerugian keuangan akibat strategi pemasaran yang tidak tepat.

MARKETING MIX BLOCK BLOCK CHOCOLATE

1. Product (Produk)

     Produk yang kami tawarkan dan produksi yaitu Block Block Chocolate. Block Block Chocolate ini merupakan coklat yang dibentuk kotak dan akan lumer saat di dalam mulut seperti Coklat Royce. Saat ini, coklat ini sedang banyak sekali peminat atau dikatakan sedang viral di media TikTok. 

2. Place (Tempat)
Sumber: https://www.jmc.co.id/blog/wp-content/uploads/2020/02/Inilah-Beberapa-Media-Sosial-yang-Dapat-Dimanfaatkan-untuk-Mengembangkan-Bisnis-Anda.jpg

     Pada lokasi pembuatan produk kami lakukan pada rumah salah satu anggota kelompok kami yaitu di Kintamani Blok F No 14. Kami memilih tempat ini hanya sebagai tempat produksi produk karena kami melakukan promosi melalui online dan produk tidak diambil ditempat secara langsung.

3. Price (Harga) 
Sumber: https://www.price2spy.com/blog/wp-content/uploads/2021/03/price-image.png

     Kami menjual produk Block Block Chocolate dengan harga yang masih dapat dijangkau oleh murid sekolah yang dimana merupakan target pasar kita. Satu kotak coklat kita jual dengan harga Rp15.000 yang didalamnya sudah kami lengkapi dengan tusukan dan terdapat 9 kotak/ blok coklat. Dengan harga yang ditawarkan, kami harap untuk yang sudah membeli merasa worth it dan tidak merasa kemahalan.  

4. Promotion (Promosi) 

     Sistem promosi yang kami lakukan yaitu secara online melalui media sosial, dimana kami membuat sebuah akun Instagram khusus untuk usaha kami. Masing-masing dari kami akan mempromosikan brosur yang kami buat dan dimasukkan ke Instagram. Dengan begitu, kami harap produk ini dapat mendapat jangkauan yang lebih luas dan lebih dikenal oleh orang-orang. 

5. People (Orang)
Sumber: https://www.istockphoto.com/id/foto-foto/one-in-five-people

     Kami selalu berusaha untuk memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan yang membeli produk kami dan tentunya memprioritaskan pelanggan kami. Kami selalu menjaga produk kami dan menerima masukan dari konsumen mengenai produk kami, tentunya agar kami bisa meningkatkan kualitas produk yang kami produksi. Kami sangat berusaha untuk memberikan pelayanan dalam bentuk respon yang cepat kepada konsumen yang ingin memesan maupun yang berkomentar mengenai produk kami. 

6. Physical Evidence (Bukti Fisik)

     Kemasan dari Block Block Chocolate kami desain dengan konsep kekinian. Dengan menggunakan box berwarna vintage dan aesthetic. Serta logo merek yang kami desain sendiri dan cetak menjadi stiker. Menjadikan produk kami dapat dibedakan dengan produk lain dan memiliki ciri khas sendiri.

7. Process (Proses)
Sumber: https://depositphotos.com/photos/process.html

     Dalam menjalankan usaha ini, kami melakukan promosi menggunakan sosial media dengan memposting brosur yang sudah dibuat sebelumnya, lalu kami memproduksi di hari libur yaitu sabtu dan minggu untuk pesanan yang akan kami antarkan kepada konsumen di hari seninnya.


     Sekian dari blog saya mengenai Marketing Mix usaha kelompok kami yaitu Block Block Chocolate. Saya meminta maaf sebelumnya jika terdapat kesalahan kata maupun penulisan dalam blog ini. 

Terima Kasih!!

 


Reverensi:
https://spenmo.id/blog/marketing-mix

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Pembuatan Block Block Chocolate